Kamis, 20 Januari 2011

MEMBUAT SHORTCUT UNTUK MATIIN KOMPUTER

 Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang masih memberikan kehidupan kepada manusia lemah ini.
Assalamu'alaikum Fren, gmana kabar kalian?? Semoga Allah masih berkenan memberi setetes dari lautan rahmat-Nya buat kita semua.


Sejujurnya, ini postingan pertama ane di blog ini. Sedikit cerita, seminggu ini, ane lagi agak sakit dan itu bikin ane lebih memilih untuk tetap berada di asrama (etos) ketimbang keluyuran keluar. Akhirnya, hari-hari yang indah pun lebih banyak dilewati bersama buku, komputer dan TV. Berhubung ane baru aja beli buku "Windows XP : XXX" karya (sape arane ya???waduh, kitane lupa kih kang....) terbitan Jasakom, sehingga satu pekan kemaren ane habiskan jam demi jam untuk belajar ngotak-ngatik windows XP bersama komputer ane.....eh salah ding bukan komputer ane, tapi komputer-nya Ka Santo, nak farmasi UI 05 yang ---bukan kebetulan--- kakak kelas ane waktu SMA dan ---bukan kebetulan juga--- kakak senior ane di etos. Habis deh komputer beliau ane permak secara revolusioner, mulai dari ngerubah tampilan booting, tampilan log on, start jadi "susanto", dlsb....sampe ngerubah sound penutup windows yang ---menurut ane--- agak kaku dan kurang bermakna (ane ganti dengan kutipan nasyid "Give thanks to Allah" biar lebih bermakna).

Kali ini, ane mau mencoba sharing salah satu trik menarik yang gampang diimplementasikan (pake bahasa yang kerenan dikit). Yaitu, bikin shortcut buat shutdown, restart dan log off. Insya Allah, dijamin sangat gampang dan pasti kamu bisa langsung mempraktekkannya.....Ok, cukup sudah pembukaannya. Let's start our adventure!!!

Gini nih langkah2-nya :

1. Hidupkan komputer kamu (pastikan udah terinstall windows XP, bukan yang lain)
2. Kalo udah masuk, klik kanan pada desktop.
3. Setelah muncul menu pada desktop, pilih new, dan tunggu sebentar....
4. Pilih shortcut.
5. Tunggu beberapa saat (terkadang lama, tapi bisa juga cepet, tergantung kecepatan komputer kamu) hingga muncul kotak dialog "Create Shortcut".
6. Pada "Type the location of the item :", silahkan kamu isi dengan "shutdown.exe -s -t 00", pilih next.
7. Trus, isi "Type a name for this shortcut : " dengan nama "shutdown". (Sebenarnya, nama ini bisa kamu isi dengan nama apa aja yang kamu inginkan, bisa "shortcut keren", "matiin komputer", "ganyang komputer", dlsb)
8. Setelah itu, pilih finish. Dan langsung akan muncul sebuah shortcut baru dengan nama yang kamu berikan tadi.

Fren, shortcut yang kamu inginkan sudah jadi. Kalo gak percaya, silahkan test. Klik pada shortcut baru kamu itu, insya Allah kalo komputer kamu normal pasti dia bakal langsung mati.

Akan tetapi, rasanya masih ada yang kurang nih. Tampilan shortcut yang kamu bikin itu masih terlihat kurang indah dan pas di-klik, eh....., malah muncul jendela baru seperti command prompt.
Trus apa emang harus begitu dan gak bisa dirubah lagi??? Tentu saja tidak....bahkan kamu bisa bikin skenario agar shortcut itu bisa di-eksekusi hanya dengan menekan ctrl+alt+s pada keyboard dan slash....komputer kamu akan mati dengan sendirinya. Asyik khan??? Gak perlu lagi menggerakkan mouse untuk meng-klik shutdown pada menu start.....(udah cupu ini mah)

Sekarang, ane mau kasih tau cara merubah icon dari shortcut yang udah kamu buat itu, sekaligus bisa juga bikin shortcut key-nya dan menambahkan komentar (tulisan yang bakalan muncul ketika shortcut kamu didekati oleh pointer mouse).
1. Klik kanan pada shortcut tersebut.
2. Pilih properties.
3. Bisanya udah di-default ke tab Shortcut. Kalo belum, pilih dulu tab "Shortcut".
4. Untuk membuat shortcut key, arahin pointer mouse ke box di samping "Shortcut key :". Trus, teken ctrl dan s pada keyboard secara bersamaan.....(secara otomatis "none" akan digantikan oleh "ctrl+alt+s").
5. Untuk menambahkan komentar, tinggal isi aja pada box di samping "Comment:". Contoh komentar : "ini jalan pintas buat matiin komputer. Mau yg lebih cepet?? Tekan ctrl+alt+s aja...", dlsb.
6. Untuk mengganti icon, klik button "Change icon...". Kalo ada dialog box klik aja OK. Selanjutnya, silahkan pilih icon yang kamu inginkan buat si shortcut baru bikinan kamu itu.

7. Pilih OK. Pilih Apply dan Pilih OK.
8. Yups, proyek kamu udah selesai. Sekarang, icon kamu terlihat lebih indah dan menarik. Orang lain pun gak akan mengira itu sebuah virus yang berbahaya (emang bukan).

Fren, sebenarnya, semua yang ane jelasin di atas bukanlah langkah2 yang baku. Ada beberapa hal yang sifatnya fleksibel dan bisa kamu rubah. Tentunya, perubahan itu gak bisa sembarangan. Kamu tetap harus mengikuti aturan yang udah dibuat oleh Akang Bill Gates.

Mau tau apa aja aturan itu???

1. Pada "shutdown.exe -s -t 00" yang kamu ketikkan waktu di awal bikin shortcut. Kamu bisa ubah -s dengan -r atau -l. Hayooo tebakk??? Kira2 buat apa ya?. Sip, kamu bener. Emang sintaks-nya gampang banget dipahami. Kalo -s tadi buat shutdown. Sekarang, kamu bisa pake -r buat restart dan -l buat log off. Biar gampang, cukup inget aja huruf depan dari ketiga fungsi tadi.

2. Waktu kamu bikin shortcut key dengan menekan ctrl dan s, sebenarnya, itu bukanlah aturan baku. Kamu bisa aja menekan ctrl dan a, sehingga kamu cukup menekan secara bersamaan ctrl, alt dan a buat matiin komputer kamu. Atau ctrl dan b, ctrl dan c, dst. Jadi, rumusnya gitu ya? Gampang kan?.

Nah, sementara itu dulu deh yang bisa ane share. Afwan kalo bahasa-nya agak acak2an. Sungguh, ane melakukan itu __dengan penuh kesadaran__ biar kamu semua bisa memahaminya dengan mudah.

-- > Semoga bermanfaat < -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sekolah q

pos terpopuler